Review Charlie Murder - Combat Sistem Yang Monoton

Charlie Murder adalah game buatan dari SKA STUDIO, game dengan genre adventure yang menitik beratkan adegan kekerasan dan brutal oleh group band punk-rock ini. Disini kalian akan berperan sebagai tokoh protagonis yang bertugas untuk menyelamatkan bumi dari serangan Lord Mortimer.

Let's begin the review...

Group Band ROCK yang baik Hati


Charlie Murder adalah ketua Band Punk Rock, awal permainan diperlihatkan kalau Charlie mengkick salah satu anggotanya yaitu Paul (sang pendiri Band) Paul pun keluar dari Band tersebut. Charlie pun bertemu dengan anggota baru dan langsung membuat musik dengan genre terbaru, musiknya pun menjadi viral dengan band barunya ini. 

Paul pun sangat marah melihat hal tersebut. Paul memutuskan untuk membuat Band sendiri dan membuat sebuah perjanjian dengan Lord Mortimer (Raja Iblis) untuk membunuh Charlie and the Band. Charlie dan bandnya pun terbunuh, tetapi Charlie dan bandnya dilahirkan kembali karena berhasil keluar dari neraka, dan melanjutkan pertarungannya dengan Lord Mortimer.



Plot yang sangat interaktif dan mudah dimengerti, karena penyampaian cerita yang to the point dan lebih ke pemahaman visual daripada dialog, jadi kalian lebih mudah menyerap dan mengikuti alur cerita yang disajikan. Story di game ini sangatlah mendalam dan kalian bisa memilih ending dalam game ini SAD/HAPPY, kalau kalian mendapatkan Happy Ending, maka kalian akan tahu apa arti PERSAHABATAN.

Selain itu kalian akan terhibur dengan guyonan dan lawakan yang ada pada game ini!

 Cartoon Lawakan


Grafik pada game ini lebih ke 2.5 dimensi, jadi kalian bisa bergerak ke segala arah. grafik yang lebih ke cartoon, bahkan mirip dengan acara tv di Cartoon Network, hal ini yang membuat game Charlie Murder lebih ke komedi dan jauh dari tema pembantaian dan pembunuhan. Animasi yang lucu dan voice yang konyol kadang membuat saya tertawa saat memainkan game ini, walaupun sepanjang jalan banyak bercucuran darah dan kepala yang berserakan.

Audio Effect yang cukup memuaskan bagi saya, apalagi ketika kita membunuh Final boss terdengar suara darah muncrat dari kepalanya ditambah lagi suara effect combat yang membuat telinga geli dan juga Background Music ROCK AND ROLL yang menambah passion saya saat bermain game ini. 

Rasa Bosan, Senang, Sedih, Ngakak dan Ngengkang 


Tidak hanya plot yang interaktif dan cukup menghibur, gameplay di game ini mampu memberikan pengalaman yang baru dan beragam jadi kalian tidak akan bosan memainkan game ini sampai tamat bahkan bisa mengulang game ini untuk mendapatkan 2 ending yang berbeda.

Untuk memaksimalkan kegilaan di game ini, kalian bisa co-op dengan teman atau player lain, tentu bermain dengan teman akan menambah sensasi bermain pada game ini, dan juga ada fitur tambahan yang bisa kalian nikmati, dijamin kocak dah ni game dan selalu menghadirkan warna baru di setiap mapnya.


Game ini berbasis RPG jadi kalian diberi kebebasan untuk mengcustom karakter kalian, baik dari Aksesoris, stat, dan equipment yang bisa kalian ubah sesuai dengan selera atau playstyle kalian masing-masing, tetapi ada beberapa hal yang membuat saya kecewa yaitu combat system yang monoton dan kalian tidak diberi kebebasan untuk berkreasi skill sendiri layaknya game RPG ''jadi setiap karakter sudah ditentukan skillnya''

Combat systemnya karakter kalian bisa melawan musuh dengan memanfaatkan barang yang ada disekitarnya baik itu kepala zombie, tangan zombie, pedang ninja, gun dan masih banyak lagi. Hal yang membuat saya kecewa di game ini adalah animasi pukulan, combo dan skill yang gitu-gitu aja terlihat kalau developer kurang kreatif dalam menangani masalah ini, padahal di game ini kalian lebih banyak bertarung daripada menikmati plot cerita.


Konsep combat yang terlalu mainstream seperti prajurit - captain - final boss dan masalahnya kalian akan sulit membedakan mana captain dan mana prajurit, karena tidak ada ciri spesifik yang mampu menunjukan kalau dia adalah seorang captain, dan jika kalian kalah dalam pertempuran maka harus mengulang dari stage awal (cukup jauh dan kadang buat saya kesal) Jadi sangat menantang bagi kalian dan terus waspada untuk mengcek perlengkapan seperti potion, boos dan juga upgrade equipment kalian.

AI yang cukup menantang, bisa kami katakan kalau AI di game ini benar-benar dibuat secara matang, terlihat ada beberapa AI yang mampu membaca pergerakan kalian, seperti mereka langsung menghindar/menangkis pukulan kalian, reflek AI yang cukup cepat untuk membalas pukulan saya, dan kadang combo AI yang bikin nangis apalagi ketika kalian melawan Final Boss.

KESIMPULAN 



Combat system yang agak repetitif tetapi dapat ditutupi dengan map yang bervariasi dan setiap map memiliki keunikannya sendiri yang mampu membuat kalian ngakak, selain itu story di game ini mudah diikuti dan kalian diberi kebebasan untuk memilih ending sendiri. Jadi apakah game ini worth dengan harga Rp 90.000, kami memutuskan YES, game ini cocok banget dibeli dengan harga full price karena konten yang diberikan sangat banyak dan kalian bisa bermain online dengan teman kalian, bahkan kalian bisa memainkan ulang game ini untuk mendapatkan ending selanjutnya (jika berhasil)

PROS
  1. Story mudah diikuti
  2. RPG
  3. Bisa Online dan co-op dengan teman
  4. Konten sangat banyak diberikan
  5. Bikin ngakak 
CONS
  1. Combat system Monoton

Ok sekian review game Charlie Murder ini semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan Populer